FH UBT MENJADI PENYELENGGARA KULIAH UMUM HUT KE-78 KEMLU RI
FH UBT MENJADI PENYELENGGARA KULIAH UMUM HUT KE-78 KEMLU RI

By FH-UBT 24 Agu 2023, 10:10:16 WIB Berita Kampus
FH UBT MENJADI PENYELENGGARA KULIAH UMUM HUT KE-78 KEMLU RI

Penyelenggaraan kegiatan kuliah umum ini terlaksana atas kerja sama antara FH UBT dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, berlangsung pada tanggal 21 Agustus 2023 di Lantai 4 Gedung Rektorat UBT. Dengan tema “ASEAN, Tantangan Global, dan Peran Politik Luar Negeri RI” dalam rangka peringatan HUT ke-78 RI dan HUT ke-78 Kementerian Luar Negeri.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UBT Prof. Dr. Adri Patton. M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Perencanaan Dr. Ir. Djaya Bakri. S.T,.M.T, Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Yahya Ahmad Zein, S.H,.M.H, Narasumber bapak Caka Alverdi Awal Direktur Keamaan International dan Perlucutan Senjata Dirjen Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI, Moderator Bapak Ardianyah S.H,.M.H Dosen pengajar Hukum International FH UBT, serta Dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum UBT.

Kegiatan diawali sambutan dan dibuka oleh Rektor UBT yang menyampaikan melalui kegiatan kuliah umum ini akan menjadi sarana berharga untuk memahami bagaimana Bangsa Indonesia, sebagai salah satu anggota ASEAN, memainkan peran vital dalam mewujudkan Visi dan misi ASEAN tersebut, dilanjutkan dengan pengantar oleh Menteri Luar Negeri RI H.E. Retno Marsudi yang dilakukan melalui Live Streming Via Zoom Meeting serentak di seluruh Provinsi Indonesia, diakhir pengantar oleh Ibu Menteri berpesan kepada generasi muda harus mengenal ASEAN, generasi muda harus bangga dengan identitas komunitas ASEAN, generasi muda lah yang akan menentukan arah dan gaya wilayah ASEAN di masa depan.

Kegiatan berikutnya yaitu mendengarkan Kuliah umum dari Bapak Caka Alverdi Awal, dalam materinya disampaikan mengenai sejarah terbentuknya ASEAN serta perkembangannya saat ini, tren dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat ASEAN, upaya dan kontribusi Indonesia dalam meningkatkan peran Indonesia di ASEAN dalam menjawab tantangan global.

Dengan demikian, kuliah umum  ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik terhadap generasi muda khususnya mahasiswa dalam memahami pentingnya ASEAN dalam menghadapi tantangan saat ini dan masa depan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment