LEAP Conference dan Sesi PBL di Faculty of Law Maastricht University
LEAP Conference dan Sesi PBL di Faculty of Law Maastricht University

By FH-UBT 24 Nov 2022, 09:47:50 WIB Berita Kampus
LEAP Conference dan Sesi PBL di Faculty of Law Maastricht University

Dalam rangka pengembangan metode Problem Based Learning (PBL) melaui Program Legal Education, Ethics, and Profesionalism (LEAP) di bawah Orange Knowledge Program (OKP) kembali dilanjutkan dengan kegiatan LEAP Conference dan training for academic legal teaching staff in a PBL system yang di selenggarakan di Faculty of Law Maastricht University, Netherlands pada tanggal 6-18 November 2022.

Kedua kegiatan ini diikuti oleh Dekan dan Dosen dari Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Yahya Ahmad Zein, S.H., M.H, dan Arif Rohman, S.HI., LL.M, para Dekan dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Fakultas Hukum Universitas Mulawarman, Fakultas Hukum Universitas Haluoleo, Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo, dan Fakultas Hukum Universitas Nusa Cendana.

Pada kegiatan LEAP Conference, 9 November 2022, dihadapan Dean of Faculty of Law Maastricht University, Prof. Jan M. Smits dan Coordinator (NL) of the LEAP Project, Dr. Sascha Hardt, LL.M., serta audiens lainnya dari Maastricht University, Dekan Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Yahya Ahmad Zein, S.H., M.H., mempresentasikan capaian-capaian dari program LEAP dan pengembangan metode PBL yang dilakukan di Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan. Capaian tersebut antara lain pelatihan sekaligus pembuatan modul PBL kepada dosen-dosen, pelatihan manajemen pendidikan, pelatihan manajemen Fakultas, pengembangan mata kuliah terkait good governance, negara hukum, dan Hak Asasi Manusia, pelatihan dan ikut serta dalam lomba moot court bagi mahasiswa, dan publikasi akademik.

 

Adapun pada kegiatan training for academic legal teaching staff in a PBL system, 7-17 November 2022, para peserta diberi kesempatan untuk terlibat langsung dalam kelas (sit-in) pada beberapa mata kuliah yang sedang berlangsung di Faculty of Law Maastricht University. Manfaat kegiatan ini adalah para peserta dapat mempelajari strategi dan variasi metode PBL pada berbagai keadaan yang nantinya dapat diterapkan di Fakultas masing-masing.

Sebagai kegiatan penutup diselenggarakan refreshment PBL bersama Dr. Cathérine De Rijdt dan Dr. Fokke Fernhout pada tanggal 18 November 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan berbagai pengalaman sit-in peserta training.

Di sela-sela kegiatan conference dan sit-in, peserta training juga diberikan kesempatan untuk menengok library dan berbagai fasilitas penunjang pendidikan lainnya di Maastricht University serta penandatanganan Memorandum of Understanding sekaligus membicarakan berbagai macam rencana program/kegiatan kerja sama di tahun 2023.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment